Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Bagaimana Cara Meregistrasikan Domain Yang Telah Expired

Tanggal: 04 Sep 2020
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Memahami proses dan peluang dalam meregistrasikan domain yang telah habis masa berlakunya kadang hal ini sangat membingungkan. Bagaimana, dimana dan kapan?, kadang banyak pertanyaan tsb terlontar namun sulit untuk mendapatkan jawaban yang pasti.

Artikel ini akan menerangkan langkah dasar dalam mencari domain yang habis masa berlakunya serta banyaknya berbagai peluang (atau dapat dikatakan langkah-langkah yang sangat penting untuk dapat sukses meregistrasikan domain yang telah habis masa berlakunya).

Tahap Normal Pelepasan Domain yang Akan Habis Masa Berlakunya

Langkah-langkah penghapusan domain :

Tahap 1. Domain Aktif

Sebuah domain dapat diregistrasikan dengan periode 1 10 tahun. Selama periode ini pemilik domain berhak menggunakan domain tsb.

Tahap 2. On Hold

Pada akhir periode domain tsb, registrant akan diingatkan untuk melakukan pembayaran biaya perpanjangan untuk dapat melanjutkan menggunakan domain. Bila domain telah diperpanjang maka akan kembali kepada Tahap 1, namun bila tidak diperpanjang maka akan masuk dalam status tertahan (on-hold) dimana status tertahan ini berlaku mulai 1 45 hari (masing-masing registar memiliki periode yang berbeda mengenai lamanya domain tertahan). Selama periode ini, registrant (selaku pemilik domain) dapat membayar biaya perpanjangan untuk dapat melanjutkan penggunaan domain. Namun selama masa on hold ini baik website maupun email tidak dapat berjalan dengan baik.

Tahap 3. Redemption

Setelah melalui masa 1 45 hari periode on hold, domain tsb akan memasuki status redemption (RGD-Redemption Grace Period), dimana periode yang berlangsung bisa sampai 30 hari lebih. Selama periode ini, registrant dapat menggunakan pilihan dengan membayar biaya pinalti redemption (dimana biaya tsb berkisar US$ 100 - US$ 200 (one time fee), dan tergantung dari masing-masing registrar). Domain masih dapat diperpanjang bila telah melakukan pembayaran tsb. Jika domain berhasil diperpanjang maka proses selanjutnya akan masuk ke Tahap 1. Selama masa redemption, website maupun email domain tidak dapat berjalan.

Tahap 4. Pending Delete

Setelah melalui masa redemption selama 30 hari tanpa diperpanjang sama sekali, maka domain akan memasuki 5 sampai 7 hari ke tahap pending delete. Selama periode ini registrant sama sekali tidak berwenang atas domain tsb. Domain tsb nantinya akan dilepas kembali pada hari ke 6.

(tahap-tahap pelepasan domain tsb tidak berlaku bagi eksklusif backorders)

Demikian tahapan-tahapan pelepasan domain, sebaiknya, jangan biarkan domain anda lepas bila domain tsb benar-benar sangat dibutuhkan!. (fh)