Anda belum login [ Login ]
Tanya Jawab Daftar Isi | Chat dengan Customer Care | Hubungi Kami

Sebelumnya Daftar Isi Berikutnya

Seputar Penggunaan Nama Domain

Apa itu email?

Email adalah fasilitas yang dapat memudahkan anda menerima dan mengirim surat elektronik melalui aplikasi secara online maupun berada dalam komputer

Apakah saya memerlukan fasilitas email agar saya dapat menerima email dengan menggunakan nama domain yang dimiliki?

Ya. Apabila anda ingin menerima email dengan menggunakan nama domain yang dimiliki, anda diharuskan mendaftar pelayanan email dengan menggunakan nama domain yang dimiliki.

Apakah pelayanan fasilitas email ini juga didapatkan apabila saya register nama domain di NamaDomain.com?

Tidak. fasilitas email ini merupakan fasilitas tambahan yang biasanya bisa anda peroleh melalui perusahaan yang menyediakan fasilitas webhosting.

Dimanakah saya bisa mendapatkan fasilitas ini?

Anda bisa mendapatkan fasilitas email dengan nama domain anda langsung dengan masuk ke NamaDomain.com

Apakah website atau situs itu?

Website atau situs itu adalah sebuah lokasi di internet yang memiliki akses ke semua pengguna internet dan dapat saling bertukaran dokumen dengan cara menghubungkan satu sama lain dalam suatu jaringan yang saling terhubung melalui jaringan komunikasi seperti kabel telepon.

Apakah web hosting itu?

Merupakan tempat dimana seseorang bisa menyimpan data atau dokumen di sebuah web server dan data atau dokumen ini tersambung dengan internet dengan harapan dapat diakses oleh orang lain.

Apakah web hosting termasuk dalam paket registrasi nama domain?

Jasa webhosting tidak termasuk dalam paket penawaran dari NamaDomain.com.

Dimanakah saya bisa mendapatkan fasilitas web hosting?

Anda bisa mendapatkan fasilitas hosting dengan nama domain anda langsung dengan masuk ke NamaDomain.com

Bagaimana caranya saya merubah DNS server yang sudah ada ke DNS server web hosting yang saya tunjuk?

Apabila anda sudah registrasi nama domain dan telah siap untuk mendapatkan jasa webhosting, maka anda diharuskan untuk dapat memilih paket-paket web hosting yang ditawarkan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pihak ISP atau perusahaan web hosting dapat memberikan:

  • Nomor alamat IP dari webserver yang memungkinkan anda untuk dapat terhubung dan diakses oleh orang lain
  • Jasa Server Nama Domain atau Domain Name Server (DNS)
  • Jasa Email
  • Jasa Desain Website

Setiap ISP atau perusahaan webhosting akan memberikan harga dan ketentuan yang berbeda, untuk itu sebaiknya anda memilih terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Apa itu IP Address?

Alamat IP merupakan alamat internet secara numerik atau angka, dimana alamat ini bisa memberikan kemudahan anda dalam melakukan akses ke internet. Setiap komputer di internet memiliki nomor unik yang dapat diidentifikasi. Apabila sebuah komputer tidak memiliki alamat IP, maka komputer tersebut tidak dapat diakses di internet.

Bagaimana saya merubah IP dengan nama domain saya?

Anggota NamaDomain.com yang telah mendaftarkan nama domain di NamaDomain.com dapat merubah nomor IP secara langsung di bagian "Atur Nama Domain Anda". Pada bagian ini anda bisa merubah alamat DNS sementara yaitu alamat DNS dari NamaDomain.com menjadi alamat DNS perusahaan ISP maupun perusahaan web hosting anda.

Apa itu DNS?

Domain Name System atau Sistem Nama Domain adalah komputer yang terhubung dan memiliki tanggung jawab memberikan informasi zona nama domain anda, merubah nama domain menjadi alamat IP dan juga memiliki tanggung jawab terhadap distribusi email di mail server yang menyangkut dengan nama domain.

DNS siapakah yang tertera dalam informasi nama domain?

Pada saat anda mendaftarkan nama domain, maka DNS yang tampil di nama domain tersebut adalah nama DNS pertama dan kedua yang dimiliki oleh NamaDomain.com. Anda dapat menggantikannya sewaktu-waktu. Apabila anda tidak dapat mengganti DNS, silahkan kontak kepada ISP maupun web hosting. Namun sebelumnya anda harus mengatur nama domain tersebut yaitu dengan memberi akses terbatas kepada orang yang ditunjuk untuk merubah nama DNS domain anda.

Apabila saya telah memiliki web hosting, perlukah merubah DNS yang telah ada?

Pihak perusahan weh hosting sangat memerlukan informasi DNS nama domain anda. Hal ini dikarenakan apabila DNS nama domain tidak diberikan, maka nama domain anda tidak dapat diakses karena DNS yang tertera masih DNS NamaDomain.com.

Bagaimana caranya memiliki atau mendaftarkan DNS?

Untuk mendapat DNS dengan nama domain anda, maka diharuskan untuk mendaftarkan ke pusat pendftaran. Anggota yang ingin memiliki nama DNS sendiri, bisa mendaftarkan melalui "Atur Nama Domain". Namun apabila anda tidak mengerti bagaimana cara mengganti ataupun memasukkan nama DNS yang diinginkan beserta IP, maka kami sarankan agar anda meminta bantuan ISP atau web hosting anda.