Anda belum login [ Login ]
Tanya Jawab Daftar Isi | Chat dengan Customer Care | Hubungi Kami

Sebelumnya Daftar Isi Berikutnya

Seputar Mengatur Nama Domain

Apa yang dimaksud dengan mengatur nama domain sendiri? Dan siapa saja yang memiliki akses untuk mengatur nama domain tsb?

Atur Domain sendiri merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh NamaDomain.com kepada para anggotanya untuk dapat mengatur dengan sendiri nama domain. Adapaun yang dapat diatur disini adalah modifikasi atas kepemilikan nama domain, administrasi nama domain, informasi teknis dari nama domain itu sendiri dan bahkan dengan fasilitas ini anda dapat memindahkan nama domain yang didaftarkan ke server sendiri atau ISP lain maupun perusahaan web hosting. Selain itu kami juga ingin menjelaskan bahwa setiap nama domain yang didaftarkan melalui NamaDomain.com memiliki masing-masing username dan password tersendiri. Artinya bahwa username dan password untuk nama domain usahaku.com berbeda dengan username dan password untuk nama domain usaha.com.

Apabila anda telah mendaftarkan nama domain melalui NamaDomain.com, maka hanya anda sendiri yang memiliki akses untuk melakukan perubahan atas nama domain tersebut. Tetapi apabila dalam melakukan modifikasi nama domain itu ada beberapa hal yang tidak anda ketahui, maka anda dapat memberikan akses terbatas kepada pihak lain untuk membantu anda dalam melakukan modifikasi. Pemberian akses terbatas ini bisa anda rubah melalui "Atur Nama Domain" pada bagian pemberian password kepada sub-user.

Apakah fasilitas ini dikenakan biaya tambahan?

Kami tidak mengenakan biaya apaun kepada anda dalam menggunakan fasilitas ini.

Apa saja yang dapat diatur di menu ini?

Dalam fasilitas "Atur Nama Domain" disini, anda dapat melakukan perubahan sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengatur pemberian akses modifikasi nama domain baik itu keseluruhan maupun terbatas kepada pihak lain

  2. Anda dapat melakukan modifikasi atau perubahan data pribadi atau perusahaan pemilik nama domain tersebut.

  3. Anda dapat melakukan perubahan data bagian administrasi, yaitu orang yang memiliki kuasa untuk melakukan perubahan-perubahan yang mendasar dalam transfer nama domain atau modifikasi lainnya yang berkaitan dengan nama domain anda

  4. Anda dapat melakukan perubahan data bagian teknis, yaitu orang yang memiliki kuasa untuk melakukan perubahan-perubahan yang mendasar dalam hal teknis dari nama domain anda.

  5. Anda dapat melakukan perubahan data bagian pembayaran, yaitu orang yang memiliki kuasa dalam hal yang berkaitan dengan pembayaran nama domain anda.

  6. Anda dapat melakukan perubahan terhadap Nama Server atau DNS nama domain. Perubahan yang dimaksud disini adalah perubahan seperti transfer nama domain kepada pihak lain seperti ISP, web hosting atau server pribadi.

Bagaimana caranya mengganti password utk nama domain?

Anda dapat merubah password apabila anda sudah masuk ke dalam fasilitas "Atur Nama Domain". Di dalam fasilitas ini, anda dapat melakukan perubahan password dan pemberian password dengan akses penuh amaupun terbatas kepada pihak-pihak tertentu untuk melakukan modifikasi terhadap nama domain.

Bagaimana caranya mengganti username utk nama domain?

Anda tidak dapat melakukan penggantian username untuk nama domain. Hal ini dikarenakan penggantian username sangat sensitif. Anda hanya dapat melakukan perubahan username apabila anda melakukan transfer nama domain dari registrar lain ke NamaDomain.com.

Bagaimana kalau saya lupa username dan passwordnya sekaligus?

Apabila anda lupa username dan password atas nama domain yang anda miliki, maka anda dapat masuk ke dalam fasilitas "Atur Nama Domain", kemudian tekan "Lupa Password". Maka setelah anda mengisi nama domain, kami akan mengirimkan username dan password ke alamat email administrasi dari nama domain tersebut.

Apakah mungkin beberapa domain menggunakan username dan password yang sama?

Anda dapat menggunakan username yang sama untuk semua domain yang anda miliki, namun anda tidak dapat menggunakan password yang sama untuk semua domain yang anda miliki.

Kenapa satu domain memiliki satu username dan password?

Satu domain hanya memiliki satu username dan password karena hal ini nantinya akan memudahkan anda dalam mengatur nama domain yang anda miliki. Selain itu dengan adanya sistem seperti ini, maka anda dapat dengan mudah melakukan pengalihan kepemilikan atas nama domain tersebut kepada pihak lain. Jadi antara satu domain dengan domain lain tidak saling terkait. Tetapi apabila username dan passwordnya adalah sama, maka akan sangat sulit untuk melakukan pemindahalihan nama domain kepada pihak lain.

Dapatkah saya memberikan username dan password kepada orang lain utk mengatur nama domain yang dimiliki?

Dapat. Anda dapat saja memberikan username dan password kepada pihak lain untuk mengatur nama domain yang dimiliki. Bahkan anda dapat memilih dalam memberikan akses ini, yaitu akses penuh dan terbatas. Hal ini untuk menghindari itikad buruk yang dapat saja terjadi apabila anda memberikan akses kepada orang lain secara penuh.

Dapatkah saya membatasi area modifikasi data kepada mereka?

Dapat. Di dalam fasilitas "Atur Nama Domain", anda dapat memberikan akses terbatas kepada orang lain, baik itu secara penuh maupun terbatas.