Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Gunakan AI, Facebook Hapus 8,7 Juta Konten Eksploitasi Anak

Tanggal: 26 Oct 2018
Sumber: Virgina Maulita Putri - detikInet

NamaDomain.com,

Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan bahwa moderator mereka berhasil menghapus 8,7 juta konten yang melanggar aturannya tentang eksploitasi anak.

Penghapusan ini dibantu dengan software baru yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.


Dilansir detikINET dari TechCrunch, Kamis (25/10/2018), Facebook telah mengembangkan dan menerapkan software ini dalam setahun terakhir. Global Head of Safety Facebook, Antigone Davis mengatakan bahwa 99% dari konten tersebut berhasil dihapus sebelum ada laporan dari pengguna.

Software ini mengidentifikasi gambar yang berisi nudity dan anak-anak serta konten eksploitatif lainnya ketika baru diunggah. Jika perlu, konten dan akun pengguna yang mengunggahnya juga dilaporkan ke komisi yang mengatur eksploitasi dan anak hilang.

Facebook juga mengatakan bahwa teknologi serupa akan diterapkan di Instagram.

Walaupun terlihat efektif, software ini masih memiliki kekurangan. Banyak orang tua yang protes karena foto anak-anak mereka yang tidak melanggar aturan dihapus oleh Facebook.


Davis mengatakan software ini juga mendeteksi foto dengan konten non-seksual untuk menghindari potensi penyalahgunaan. Pengguna sendiri bisa mengajukan banding jika merasa dirugikan.

Teknologi serupa milik Facebook juga dianggap tidak efektif dan akurat. Seperti saat dihapusnya foto ikonik 'Napalm Girl' yang memperlihatkan Phan Thi Kim Phuc yang melarikan dalam keadaan telanjang dan menderita luka bakar setelah serangan Napalm di desanya di Vietnam. (rns/rns)