Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Telkomsel-PLN Implementasikan Layanan Smart Meter Berbasis NB-IoT

Tanggal: 31 Oct 2018
Sumber: Agus Tri Haryanto - detikInet

NamaDomain.com,

Jakarta - Telkomsel bekerja sama dengan PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) dalam mengimplementasikan teknologi Narrow Band-Internet of Things (NB-IoT) pada sistem smart meter di jaringan listrik.

Sistem smart meter yang juga disebut sebagai Advanced Meter Infrastructure (AMI) ini diklaim sebagai teknologi yang pertama dikomersialkan di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, NB-IoT adalah teknologi telekomunikasi yang dirancang khusus agar komunikasi antarmesin semakin masif dan coverage jaringan telekomunikasi semakin luas hingga dua kali lipat dari jangkauan GSM.


Secara sederhana, NB-IoT ini menghubungkan antar benda-benda berbasis internet, namun teknologi ini tidak memerlukan bandwidth besar (narrow bandwidth). Dalam konteks kerja sama ini, PLN dapat mengukur meter listrik remote tanpa perlu datang ke lokasi.


"Dengan teknologi advanced, pita sempit untuk memberikan solusi berbasis IoT. Keunggulan teknologi ini, yaitu apabila membutuhkan informasi dan transaksi banyak dan cepat, sangat memungkinkan," ujar Vice President Corporate Account Management Telkomsel di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Implementasi teknologi NB-IoT baru menyasar segmen korporasi. Dari 4,3 juta pelanggan PLN di Jakarta, NB-IoT baru bisa dimanfaatkan 23 ribu pelanggan korporasi PLN.

"Sedangkan pelanggan rumahan baru bisa untuk di gardu yang jumlahnya sampai 13 ribu titik di Jakarta. Saat ini kami belum ada rencana komersilkan kepada pelanggan rumahan," ungkap Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya Faisol.

Disampaikan Primadi, implementasi NB-IoT pada sistem metering di PLN merupakan salah satu use case yang dapat menunjukkan bagaimana teknologi dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Teknologi NB-IoT AMI merupakan bagian dari tahap modernisasi gardu PLN dan alat meter yang digunakan oleh pelanggan segmen korporat di mana penggunanya dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas PLN, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan PLN kepada pelanggannya," tuturnya.


Inovasi teknologi akses NB-IoT AMI merupakan bagian dari pengembangan platform IoT Smart Connectivity Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu dengan 2G/3G/4G. AMI merupakan bagian dari Smart Grid yang berfungsi sebagai "last mile" atau akses pelanggan di mana semua perangkat dan alat terhubung secara online dengan server terpusat.

Komponen AMI terdiri dari sistem smart meter, sistem komunikasi dan sistem aplikasi pada server.

Teknologi NB-IoT AMI menguntungkan pelanggan PLN dengan pembacaan meter yang dilakukan secara nirkabel dan real-time, dan di lain pihak PLN pun bisa mengontrol status dan mengumpulkan informasi langsung dari meter dengan data terkini.

Selain itu, pemanfaatan teknologi ini juga bisa mengurangi potensi fraud/kecurangan di meter pelanggan dan memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat.


(agt/krs)