Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Apakah itu email spoofing dan bagaimana pencegahannya

Tanggal: 08 Apr 2019
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Kata "spoof" dapat diartikan sebagai "dipalsukan". Email spoofing merupakan pengiriman email yang dengan sengaja dilakukan perubahan pada sebagian emailnya. Dimana pemalsuan ini dilakukan pada bagian header email, nama/alamat pengirim serta isi pesan yang telah diformat dan disamarkan sehingga nampak seolah-olah dari email yang valid. Bahkan pemalsuan email tersebut seolah-olah berasal dari seseorang atau perusahaan maupun instansi tertentu.

Biasanya email spoofing akan mengirimkan email dan meminta informasi yang bersifat rahasia, misalnya username dan password. Selain itu pada email spoofing juga dapat berisikan link yang digunakan untuk phishing. Phishing ini adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai seseorang atau perusahaan maupun instansi tertentu yang berwenang melalui sebuah email.

Bagaimana mencegah agar tidak menjadi target spoofing?, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Pertahanan terbaik Anda adalah skeptisisme. Anda diharuskan lebih teliti dalam membaca email yang diterima, apabila email yang diterima terlihat mencurigakan, silahkan diabaikan. Apabila di email tersebut ada link atau attachment, hindari membuka link atau attachment tersebut, karena biasanya link atau attachment sudah disisipi malware yang dapat digunakan untuk mengambil informasi terkait akun email yang menerima email tersebut.

  2. Tidak mengunakan password email yang lemah misal username123, password123, dan mengunakan password sebelumnya. Password disarankan minimum 8 karakter berupa gabungan huruf besar, huruf kecil, anda dan special karakter. Disarankan melakukan perubahan password secara berkala yang dapat diproses dan dilakukan melalui webmail.(namadomain anda).

  3. Melakukan scaning pada perangkat dengan menggunakan antivirus dan antimalware yang selalu terupdate, hal ini untuk memastikan agar perangkat yang digunakan tidak terjangkit virus dan malware.