Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Google Hadirkan Fitur Kelompok Belajar di Meet

Tanggal: 12 Oct 2020
Sumber: Josina - detikInet

NamaDomain.com, Jakarta - Di saat pandemi Corona, kegiatan kerja dan sekolah dilakukan secara online menggunakan layanan video panggilan konferensi, salah satunya dengan Google Meet.

Akan tetapi kerap kelas online yang besar bisa sangat melelahkan, tak hanya untuk guru namun juga untuk para siswa yang belajar lebih baik saat berinteraksi dengan orang lain dalam jumlah wajar.

Untuk membantu masalah tersebut, Google meluncurkan fitur Meet baru yang disebut Breakouts Rooms. Fitur ini akan memberikan cara kepada pengajar untuk membagi peserta ke dalam kelompok yang lebih kecil selama panggilan video.

Dilansir detikINET dari Engadget, saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk pelanggan Enterprise for Education. Google mengatakan fitur ini akan tersedia ke lebih banyak pengguna di akhir tahun ini.

Google menambahkan bahwa kemampuan untuk mengelompokkan orang dan menempatkan mereka dalam ruangan yang lebih kecil sangat diminta oleh pengguna, karena berpotensi meningkatkan keterlibatan dengan memungkinkan diskusi kelompok kecil secara bersamaan.

Host atau pembuat video panggilan ini dapat membuat hingga 100 breakouts room dalam satu panggilan. Peserta akan didistribusikan secara acak dan merata ke seluruh ruangan, namun penyelanggara dapat secara manual memindahkan mereka ke ruangan yang berbeda jika diperlukan. Moderator juga dapat melompat dari satu ruangan ke ruangan lain untuk memantau dan bergabung dalam diskusi.

Fitur ini telah mulai diluncurkan dan akan segera tersedia untuk semua pelanggan Enterprise for Education. Google telah merilis beberapa fitur baru untuk video call Meet selama beberapa bulan terakhir karena kelas virtual dan rapat menjadi semakin umum karena pandemi.

Pada awal tahun ini, Meet menyediakan layanan video panggilan gratis untuk semua orang dan agar lebih mudah diakses, Meet juga disematkan di Gmail Android dan iOS.(jsn/jsn)