Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Facebook Mau Bikin Smartwatch

Tanggal: 15 Feb 2021
Sumber: Anggoro Suryo Jati - detikInet

NamaDomain.com, Jakarta - Facebook belum kapok membuat perangkat mobile dan disebut tengah menggarap sebuah smartwatch berbasis Android yang kabarnya bakal dirilis pada 2022.

Perangkat tersebut disebut bakal berbasis Android, namun belum diketahui apakah akan menjalankan Wear OS saat nanti dirilis. Pasalnya Facebook juga tengah membangun sistem operasi untuk perangkat tersebut.

Smartwatch Facebook itu bakal punya fitur messaging, health, dan fitness, dan bakal digabungkan dengan sistem virtual reality di Oculus serta perangkat video chat Portal, untuk memperluas ekosistem perangkat mobile Facebook.

Facebook pun tengah menggarap kacamata pintar bersama Ray-Ban, dan juga tengah menggarap penelitian augmented reality bernama Project Aria, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (14/2/2021).

Facebook memang masih berambisi menggarap bisnis perangkat kerasnya. Mereka punya lebih dari 6000 pegawai di divisi ini, menggarap bermacam perangkat seperti augmented dan virtual reality sebagai bagian dari divisi Oculus dan Portal.

Pada 2019 lalu Facebook juga mengakuisisi CTRL-Labs, yang spesialisasinya menggarap mekanisme input wireless. Mereka punya teknologi yang bisa mengirimkan sinyal elektrik dari otak ke perangkat komputasi.

Artinya, kebutuhan akan perangkat layar sentuh atau bahkan tombol fisik nantinya tak diperlukan lagi untuk mengontrol sebuah perangkat. Intellectual property (IP) dari CTRL-Labs diharapkan bisa dipakai di bermacam perangkat wearable yang nantinya dibuat Facebook.

Facebook sebenarnya sudah pernah menggarap perangkat mobile, yaitu Facebook Phone yang digarap bersama HTC. Namun ponsel bernama HTC First itu gagal dan tak laku.

HTC First menjalankan OS Android namun dengan antarmuka Facebook Home. Namun antarmuka ini dikeluhkan karena menyedot baterai secara berlebihan. Ditambah lagi, antarmuka itu juga menylitkan pengguna saat akan memakai aplikasi dan layanan Android lainnya.

(asj/asj)