Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Pemilik Tiktok Caplok Pencipta Mobile Legends

Tanggal: 23 Mar 2021
Sumber: Rachmatunnisa - detikInet

NamaDomain.com, Jakarta - ByteDance melalui unit bisnis video game Nuverse mengumumkan akuisisi Moonton technology, studio game yang berbasis di Shanghai, China. Pencaplokan ini memperlihatkan keseriusan ByteDance dalam memperluas bisnis video game.

Dikutip detikINET dari Reuters, kesepakatan itu memboyong Moonton dengan mahar sekitar USD 4 miliar (sekitar Rp 57 triliun). Akuisisi ini dilakukan karena ByteDance yang terkenal sebagai pemilik TikTok, telah membuat terobosan besar dalam bisnis video game, sehingga menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Tencent China.

"Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pelajaran serta wawasan dari pertumbuhannya yang cepat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat perkembangan game Nuverse secara global," kata ByteDance.

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, dalam memo internal, CEO Moonton Yuan Jing mengatakan bahwa perusahaannya akan beroperasi secara independen dari ByteDance setelah akuisisi.

Sebelumnya, Tencent, perusahaan video game dan media sosial terbesar di China, sudah lebih dulu melirik Moonton. Namun penawaran Tencent ditolak dan Moonton lebih memilih berada di bawah naungan ByteDance.

Moonton didirikan oleh mantan karyawan Tencent dan menjelma menjadi studio game besar berkat gamenya yang fenomenal, Mobile Legends. Ini adalah satu-satunya game yang mereka buat dan mereka kembangkan sampai saat ini.

Berbeda dengan developer lainya yang merilis beberapa game, ini membuktikan Moonton bersungguh-sungguh dan fokus pada satu game mereka dan memaksimalkan Mobile Legends.

(rns/rns)