Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Bapak Internet Lelang Source Code World Wide Web Sebagai NFT

Tanggal: 17 Jun 2021
Sumber: Virgina Maulita Putri - detikInet

NamaDomain.com, Jakarta - Sir Tim Berners-Lee, salah satu bapak internet modern, melelang source code untuk World Wide Web yang ia ciptakan lebih dari 30 tahun yang lalu. Source code ini dijual sebagai non-fungible token (NFT) dan hasilnya akan disumbangkan untuk amal.

Ada hampir 10.000 baris kode yang dilelang, termasuk elemen-elemen web yang banyak kita gunakan hingga saat ini seperti HTML, HTTP, dan kemampuan untuk mencetak halaman web.

Lelang yang dijalankan oleh Sotheby's ini tidak hanya akan berisi kode untuk World Wide Web, tapi juga surat dari Berners-Lee, file vektor yang bisa dicetak menjadi poster, dan video berdurasi 30 menit yang memperlihatkan kode tersebut diketik.

Berners-Lee memilih untuk menjual ciptaannya sebagai NFT karena dinilai cocok untuk kode buatannya. Ia mengatakan NFT merupakan kreasi menarik terbaru di internet dan cara yang ideal untuk mengemas asal-usul di balik web.

"Kenapa NFT? Itu adalah hal yang wajar untuk dilakukan seperti ketika Anda seorang ilmuwan komputer dan ketika Anda menulis kode dan telah melakukannya selama bertahun-tahun," kata Berners-Lee dalam keterangan resmi dari Sotheby's, seperti dikutip dari BBC, Kamis (17/6/2021).

"Rasanya tepat untuk membubuhkan tanda tangan saya di artefak yang sepenuhnya digital," sambungnya.

Keputusan Berners-Lee untuk menjual source code World wide Web mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, sejak diciptakan pada tahun 1989, Berners-Lee tidak pernah mengambil keuntungan dari ciptaannya.

Berners-Lee tidak pernah mematenkan ciptaannya dan tidak memungut biaya bagi siapapun yang ingin memanfaatkan ciptaannya. CERN, yang menjadi tempat kerjanya saat itu, melepaskan semua haknya atas teknologi tersebut dan memasukkannya ke dalam domain terbuka pada tahun 1993.

Kode World Wide Web akan dilelang oleh Sotheby's sebagai bagian dari lelang online bertajuk 'This Changed Everything'. Lelang online ini akan berlangsung pada 23-30 Juni 2021.

Kode bersejarah ini akan dilelang dengan harga mulai dari USD 1.000 atau sekitar Rp 14 juta. Hasil dari lelang ini akan disumbangkan ke organisasi amal pilihan Berners-Lee dan istrinya.

(vmp/rns)