Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

Instagram Kini Bisa Terjemahkan Teks di Stories

Tanggal: 22 Jul 2021
Sumber: Virgina Maulita Putri - detikInet

NamaDomain.com, Jakarta - Instagram mengenalkan fitur baru yang bisa menerjemahkan teks di Stories secara otomatis. Fitur ini akan tersedia secara global dan bisa menerjemahkan lebih dari 90 bahasa.

Dengan fitur ini, Instagram bisa mendeteksi jika ada teks bahasa asing di Stories yang berbeda dengan bahasa yang digunakan di aplikasi. Pengguna bisa melihat terjemahan teks tersebut sesuai dengan bahasa asli mereka dengan mengetuk opsi 'See Translation' yang ada di bagian kiri atas layar, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (22/7/2021).

Bagi pengguna atau influencer yang audiensnya tersebar di banyak negara, fitur ini tentu akan sangat membantu untuk memperluas jangkauannya. Jika menemukan Stories dengan bahasa yang asing, pengguna juga tidak perlu repot-repot membuka Google Translate dan cukup tap tombol yang ada untuk memahami isinya.

Fitur ini pertama kali dilaporkan oleh peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi pada Mei 2021, dan baru digulirkan sekarang. Instagram sebelumnya sudah memiliki fitur yang bisa menerjemahkan caption, komentar dan bio pengguna, tapi baru kali ini fitur tersebut diboyong ke Stories.

Meski fitur ini bisa menerjemahkan teks secara otomatis, Instagram mengatakan fitur ini masih belum bisa menerjemahkan audio. Jadi pengguna mungkin masih akan kesulitan memahami apa yang dibicarakan influencer dalam bahasa asing.

Tapi setidaknya kehadiran fitur ini bisa membuat Instagram menjadi lebih inklusif. Dan bukan tidak mungkin mereka akan mengenalkan fitur penerjemah audio dalam waktu dekat.

Pada bulan Mei lalu, Instagram juga mengenalkan fitur caption otomatis untuk Stories dan Reels. Sayangnya fitur caption otomatis ini hanya bisa digunakan untuk audio berbahasa Inggris, dan belum tersedia untuk bahasa lainnya. (vmp/fay)