Anda belum login [ Login ]
Resource Berita Terkini | Artikel | Download
Cari di Arsip:

TIPS Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps

Tanggal: 25 Sep 2023
Sumber: Namadomain.com

NamaDomain.com,

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum. (Wikipedia)

Google Maps adalah pilihan utama untuk mencari lokasi terkait dengan kebutuhan sehari-hari serta menjelajahi tempat-tempat baru tanpa perlu bertanya pada orang lain. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk berbagi lokasi dengan orang lain. Jika Anda memiliki bisnis fisik dan ingin meningkatkan jumlah pelanggan, penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda dapat ditemukan di Google Maps. Bayangkan jika lokasi bisnis Anda adalah salah satu yang sering dibagikan atau direkomendasikan oleh banyak orang.

Berikut adalah cara agar lokasi bisnis Anda dapat muncul di Google Maps:


  1. Buat Akun Google My Business: Langkah pertama adalah membuat akun di Google My Business. Anda dapat mengunjungi situs web Google My Business dan mengikuti panduan untuk mendaftar. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diperlukan dengan benar, termasuk nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan informasi lainnya.

  2. Verifikasi Bisnis Anda: Setelah Anda mengisi informasi bisnis Anda di Google My Business, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat bisnis Anda. Anda perlu memasukkan kode ini untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik atau pengelola bisnis tersebut.

  3. Lengkapi Profil Bisnis: Setelah verifikasi selesai, lengkapi profil bisnis Anda dengan informasi yang relevan. Tambahkan deskripsi bisnis yang menarik, foto-foto lokasi dan produk yang ditawarkan, serta informasi lain yang dapat membantu calon pelanggan memahami lebih baik tentang bisnis Anda.

  4. Update Lokasi dan Jam Operasional: Pastikan bahwa alamat dan jam operasional Anda selalu terbaru. Ini akan membantu pelanggan potensial menemukan Anda dengan mudah.

  5. Gunakan Kata Kunci yang Tepat: Saat mengisi informasi bisnis Anda, gunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Ini akan membantu bisnis Anda muncul dalam hasil pencarian Google Maps.

  6. Aktif di Google Maps: Terlibatlah dengan pelanggan Anda di Google Maps dengan merespons ulasan, menjawab pertanyaan, dan memperbarui informasi secara berkala. Aktivitas ini dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda di platform ini.

  7. Gunakan Fitur Promosi: Google My Business juga memiliki fitur promosi yang memungkinkan Anda membagikan penawaran khusus dan promo bisnis Anda kepada pengguna Google Maps.

  8. Minta Ulasan Positif: Minta pelanggan yang puas untuk meninggalkan ulasan positif di Google Maps. Ulasan positif dapat meningkatkan daya tarik bisnis Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa lokasi bisnis Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google Maps, yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis Anda, selamat mencoba