Anda belum login [ Login ]
Tanya Jawab Daftar Isi | Chat dengan Customer Care | Hubungi Kami

Sebelumnya Daftar Isi Berikutnya

Seputar Nama Domain

Apa itu nama Domain?

Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Apa itu Top Level Domain?

Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), dan .mil(dotmilitary). 

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

Apa itu Second Level Domain (SLD)?

Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

Apa itu Third Level Domain?

Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain. Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau search.domainku.com. 

Top Level Domain apa saja yang bisa didaftarkankan oleh NamaDomain.Com?

Saat ini NamaDomain.com hanya dapat memregistrasikan gTLD seperti dotcom, dotnet dan dotorg. Namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari, NamaDomain.com dapat mendaftarkan gTLD terbaru yang sedang dirancang oleh ICANN.

Dapatkah saya mendaftarkan nama domain selain .com, .net, .org?

Ya dapat. NamaDomain.com selain menyediakan nama domain .com, .net, dan .org juga menyediakan nama domain .biz, .info , .tv serta domain Indonesia (.id) seperti co.id, net.id, .web.id.