Anda belum login [ Login ]
Tanya Jawab Daftar Isi | Chat dengan Customer Care | Hubungi Kami

Sebelumnya Daftar Isi Berikutnya

Seputar Proses Registrasi Nama Domain

Bagaimana caranya registrasi nama domain di NamaDomain.com?

Registrasi nama domain di NamaDomain.com tidaklah terlalu sulit.

  1. Cari nama domain yang anda inginkan

  2. Apabila nama domain yang dicari masih bisa didaftarkan, maka lakukan tahap berikutnya yaitu konfirmasi keanggotaan dan konfirmasi bahwa anda akan membeli nama domain tersebut. Apabila anda telah menjadi anggota dari NamaDomain.com, maka anda dapat melanjutkan ke proses berikutnya. tetapi apabila anda belum menjadi anggota dari NamaDomain.com, maka sebaiknya anda mendaftarkan diri terlebih dahulu.

  3. Anda diharuskan untuk memasukkan username dan password nama domain. Username dan password untuk nama domain berbeda dengan username dan password keanggotaan. Username dan password yang dimaksud disini adalah username dan password yang diperlukan untuk mengatur nama domain yang didaftarkan.

  4. Masukkan data-data yang diperlukan untuk registrasi nama domain seperti data kepemilikan nama domain dan data-data alamat pembayaran.

  5. Sebelum anda mengakhiri proses pendaftaran nama domain, sebaiknya anda melakukan cek ulang terhadap data-data yang telah dimasukkan. Hal ini kami anjurkan karena nama domain yang telah didaftarkan tidak dapat dihapus atau dibatalkan. Apabila semua data dan nama domain yang ingin anda daftarkan telah benar dan lengkap, anda dipersilahkan untuk mengakhirinya dan untuk selanjutnya anda akan menerima konfirmasi email dari NamaDomain.com bahwa nama domain yang anda daftarkan sedang diproses.

Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk menjadi anggota?

Persyaratan untuk menjadi anggota NamaDomain.com tidaklah terlalu sulit dan singkat. Adapun persyaratan yang diperlukan adalah:

  1. Data yang kami perlukan adalah data pribadi atau perusahaan, username dan password yang diinginkan, dan memilih voucher sesuai dengan kebutuhan anda .

  2. Membayar biaya voucher yang anda pilih ke Bank BCA Cab.Mal Taman Anggrek a.n PT. DotCom Indonesia dengan no. rek. 467-300611-9

  3. Melampirkan bukti pembayaran dan form keanggotaan dan kirim melalui email ke info@namadomain.com.

  4. Setelah kami menerima tanda bukti pembayaran dan form keanggotaan, maka dalam kurun waktu 48 jam keanggotaan anda sudah bisa kami aktifkan.

Berapa lama proses registrasi domain di NamaDomain.com?

Proses registrasi nama domain melalui NamaDomain.com hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10-15 menit. Namun untuk proses pendaftaran nama domainnya, NamaDomain.com membutuhkan waktu kurang lebih 72 jam.

Apakah mungkin orang lain mendaftarkan nama domain yang telah saya daftarkan?

Apabila yang dimaksud disini adalah nama domain yang telah melewati masa proses, maka hal tersebut tidak mungkin. Karena nama domain yang telah didaftarkan tidak dapat didaftarkan ulang oleh orang lain. Tetapi apabila yang dimaksud disini adalah nama domain tersebut masih dalam proses pendaftaran, maka hal itu bisa saja terjadi. Karena dalam sistem ini, dalam waktu yang bersamaan bisa saja setiap orang menginginkan nama domain yang sama. Namun apabila anda adalah orang pertama yang menginginkan nama domain itu, maka kesempatan untuk memiliki nama domain yang sama lebih besar dibandingkan orang kedua yang juga menginginkan nama domain itu.

5Bagaimana cara pembayaran di NamaDomain.com?

Cara pembayaran di NamaDomain.com adalah melalui transfer Bank, bukan melalui kartu kredit.

Apakah Sistem Voucher/UKR itu?

Sistem Voucher/UKR (Unit Kredit Register) adalah sistem yang dibentuk oleh NamaDomain.com untuk mempermudah pendaftaran nama domain. Dengan sistem UKR ini, pendaftar yang sudah mendaftarkan dirinya atau perusahaannya kepada NamaDomain.com akan memiliki rekening tersendiri. Artinya anggota NamaDomain.com telah mendebetkan sejumlah uang yang kemudian apabila setiap anggota mendaftarkan satu nama domain dengan masa pendaftaran satu tahun, maka pihak NamaDomain.com akan mengkreditkan rekening anggota tersebut secara otomatis.

Sistem penghitungan voucher disini adalah sebagai berikut:

1(Satu) nama domain dengan masa pendaftaran selama 1(satu) tahun dihitung sebesar 1 unit. Jadi apabila salah satu dari anggota NamaDomain.com mendebetkan uangnya sebesar Rp. 907,500. Maka anggota tersebut akan mendapatkan voucher sebesar 5 unit. Apabila anggota NamaDomain.com tersebut ingin mendaftarkan 1(satu) nama domain dengan masa 2(dua) tahun, maka rekeningnya akan dikreditkan oleh NamaDomain.com sebesar 2 unit, dst.

Untuk tabel daftar harga yang sekarang berlaku, Anda dapat melihatnya di sini

Apa yang dapat saya lakukan dengan nama domain yang saya daftarkan?

Nama domain yang telah anda daftarkan ini, bisa anda gunakan untuk mendapatkan fasilitas email dengan nama domain sendiri (mis. namasaya@domainku.com), fasilitas web hosting (www.domainku.com) maupun fasilitas-fasilitas lainnya.

Setelah nama domain itu didaftarkan, siapakah pemilik legal dari nama domain itu?

Untuk sementara, anda adalah pemilik legal dari nama domain tersebut dan tidak nama domain yang telah didaftarkan itu tidak dapat didaftar ulang oleh pihak lain. Namun apabila masa dari nama domain tersebut telah habis, maka tidak tertutup kemungkinan, nama domain yang telah anda daftarkan itu diambil oleh pihak lain.

Berapa panjang karakter yang dapat didaftarkan?

Panjang karakter dari nama domain yang bisa didaftarkan adalah sepanjang 63 karakter dan dengan minimum 3 karakter. Bisa diawali dan diakhiri dengan huruf maupun angka, namun tidak dapat diawali dengan tanda strip (-). Tanda strip (-) hanya dapat digunakan setelah huruf pertama dan berfungsi sebagai penghubung kata, mis. a-cops.com atau kuda-kuda.com, dst.

Dimanakah saya dapat melihat nama domain yang telah didaftarkan?

Anda dapat melihat nama domain yang telah didaftarkan yaitu di sini. Caranya adalah masukkan nama domain yang dicari. Apabila nama tersebut telah terdaftar, maka anda akan mendapatkan informasi atau data-data yang berhubungan dengan nama domain itu.

Data apa saja yang perlu saya masukkan untuk mendaftarkan nama domain?

Data-data yang diperlukan adalah:

  1. Data-data kepemilikan nama domain tersebut, seperti nama individu maupun perusahaan, alamat lengkap beserta nomor telepon atau faks dan alamat email.

  2. Data-data pihak yang berkaitan dengan pembayaran, seperti nama, alamat lengkap

Bagaimana kalau nama domain yang diinginkan telah didaftarkan?

Apabila nama domain yang anda inginkan telah terdaftar, maka kami sarankan untuk memilih nama domain lain atau menambahkan beberapa variabel lain seperti angka, huruf atau tanda strip (-). Misalnya domainku.com telah diambil, maka anda dapat menambahkan variabel seperti edomainku.com atau domainku01.com, atau 01domainku.com atau domain-ku.com.

Namun apabila anda masih bersikeras untuk mendapatkan nama domain tersebut, anda bisa melakukan kontak kepada pemilik nama domain yang diinginkan. Baik itu melalui surat, telepon, faks, maupun email. Tetapi hal ini merupakan di luar dari tanggung jawab pihak NamaDomain.com dan harga untuk nama domain tersebut bisa saja di luar dari harga standar. Informasi pemilik nama domain ini bisa anda dapatkan dengan mengisi nama domain yang telah didaftarkan tersebut dan selanjutnya melakukan cek informasi kepemilikan nama domain di WHOIS atau database InterNic.

Bagaimana kalau saya telah mendaftarkan nama domain yang salah eja atau ketik?

Nama domain yang telah anda daftarkan baik itu yang salah ketik maupun salah eja, tidak dapat dibatalkan atau dihapus. Hal ini disebabkan pihak NamaDomain.com telah memproses data nama domain yang anda daftarkan tersebut ke pusat database pendaftaran nama domain yaitu InterNic. Untuk itu kami sarankan kepada anda, sebelumnya cek ulang semua informasi yang telah anda isi atau nama domain yang anda daftarkan. Apabila semua data atau nama domain telah benar, maka lakukanlah pendaftaran.